Social Engineering

Senin, 24 September 20120 komentar

Social Engineering adalah metode yang dipakai hacker untuk mendapatkan data atau informasi rahasia baik dengan cara mencuri, menipu, mengelabuhi maupun meminta secara langsung dari target maupun sumber lain.
Social Engineering memanfaatkan kelemahan manusia untuk mendapatkan data tersebut karena tidak ada sistem komputer yang tidak melibatkan manusia. Seaman apapun keamanan sebuah jaringan komputer maupun sistem operasinya jika manusianya lengah maka datanya pun akan mudah dicuri atau diambil oleh orang lain (hacker).

Contoh Social Engineering :

1. Seorang mahasiswa UIN SUSKA yang sedang kesulitan dalam mengisi krs di SIMAK bertanya di group fb bagian akademik. Mahasiswa tersebut juga mencantumkkan no HPnya didalam postingan yang Ia buat di group tersebut. Situasi ini dimanfaatkkan oleh seseorang (HACKER) yang ingin mengambil data/informasi dari mahasiswa tersebut. si HACKER pun menghubungi no HP mahasiswa dengan mengaku sebagai admin SIMAK. Kemudian si HACKER meminta NIM & password mahasiswa tersebut. Mahasiswa itu pun memberi NIM & password yang diminta tanpa menaruh curiga sedikitpun. Akhirnya sang HACKER pun berhasil login di situs SIMAK.  Ia pun mengambil data-data mahasiswa tersebut dan mengacak-acaknya.
Share this article :

Posting Komentar

 
DEVID | EKHA | HIDAYAT | 0821-6919-7410
Copyright © 2011. devid ekha hidayat

Template ini diedit oleh : DEVID EKHA HIDAYAT