Saudara2 tif e berbagi kisah Tugas Akhir (TA) / Skripsi

Rabu, 16 November 20160 komentar



[11/16, 04:36] Fay Tif E: Klo menurut aku selesaikan aja yg pertama vid, karena buat aku pribadi gak ada enaknya ngerjain TA. Karena aku gak ada skill, berat rasanya. Belum lagi masalah dengan dosen2nya. Mau gak mau aku nikmati prosesnya. 

Alhamdulillah bisa aku selesaikan. Dulu aku 3 semester susah nyari judul, udah dapat 1 gak ada tempat penelitiannya. Iri seiri iri irinya aku lihat orang udah diterima proposal apalagi udah selesai. Akhirnya aku buat aja apa yg terpikir, dan udah pasti ketolak. Tp karena aku beranikan minta acc pak alwis alhamdulillah koor TA mempertimbangkan. Reviewer aja gak mau ttd.
Sesekali aku duduk dipagar lantai 2 dan 3 diheningnya keramaian, menikmati semilir angin yg menghampiri, ngelihat parkiran yg dulu tanah kuning sering banjir dan pohonnya sudah sampai setinggi atap lantai 3.

Udah keterima aku gak bisa maju dengan proposal aku yg itu. Mikir lagi 3bulan akhirnya ganti masalahnya.
Dah dapat yg dibuat kena sama metode, aku coba aja kerjakan. Gak ngerti diam aja aku lagi. Beberapa minggu.
Terus aku kerjakan lagi, kalau gak ada teman2 yg semangati, terus gak mau aku menderita lama2 karena TA aku kerjakan.
Mau Sampai kapan lagi aku terlunta-lunta karena TA.
Pandai2 aja aku lagi menghadapi dosen, aku gak ada kemampuan. 
Alhamdulillah bisa selesai.
Aku gak ada niat buat wisuda yg penting niat aku selesaikan TA.
Udah selesai TA mau gak mau aku harus wisuda baru dapat ijazah. Walaupun belum aku ambil sampai sekarang.
Alhamdulillah semua bisa aku lewati.
Memang Allah subhanahu wa ta'ala sebaik2nya perencana dan memberikan ujian yg bisa dilewati hambanya.
Sebelum aku selesaikan materi kuliah aja aku mikir tah bisa tah gak aku selesaikan kuliah aku dari kampus.
Tah kan di DO tah kan aku ngundurkan diri.
Tah kan jadi apa aku.
Berserah diri aja aku lagi.
Sedikit cerita yg aku bagi tentang TA, maaf bukan maksud menggurui siapapun, semoga bisa membuat semangat untuk teman2 nyelesaikan TAnya,
Aamiin



[11/16, 06:18] Misra Tif E As: Jd terharu baca chat fay, T_T
Semua org memiliki cerita yg berbeda utk meraih gelarnya, ngga ad yg mudah. Pasti ad jatuh bangunnya..
Kalo difikirin y kita mmg mrasa ngga sanggup, tp sampai kapan kita bertahan dengan "kata" itu??
Pesan msr, jangan prnh takut mnghadapi dosen, minta ini itu, harus buat in harus buat itu. Tp kalo kita ngga mampu gmn?kita galau lg?brapa lama lg kita mnghabiskan wktu utk galau?
Kaya msr dsuruh ubah pake matlab,msr usahain cari dosen yg bisa bntuin pake matlab,eh ternyata sama aj ngulangnya ngoding kaya php. Ngga mungkin rasanya bagi msr buat ngulang lg. Pndaftaran wisuda udh mau tutup, kalo ngga bisa msr harus bayar spp lg, dan malu rasanya krn uang kuliah msr dibayarin org. Dibenak msr hanya gimana caranya biar cpat selesai. Akhirnya msr beraniin mnghadapi dosen yg banyak mintanya itu, saya sanggupnya buat sprti in buk, bla bla bla..alhamdulillah dimaklumi dan ttp maju sampailah wisuda.T_T
"Intinya ngga akn ad hasil yg mnghianati usaha"
Usaha dan berdo'a kunci segalanya..




[11/16, 07:09] ‪+60 11-3660 4736‬: Semangat buat teman-teman yang berjuang di "medan perang".
InsyaAllah ada niat ada usaha pasti ada saja jalannya dari Allah.

Jadi pengen berbagi pengalaman waktu TA juga. 
Ingat dulu 2 smtr terkatung-katung karena judul TA yang ga diterima2 sama reviewer 1. Sampai judul yang ketiga reviewer itu tolak, terus malah nyaranin ambil judul dari beliau. Dan ga tau kenapa pak febi masih kuat menyemangati untuk ambil judul dari pak febi aja. Mengembangkan TA teman yang lain yg temanya tentang robot.
Bayangiiin, aku ga ngerti apa2 tentang IT...ujung akhir meraih gelar malah disuruh buat buat program untuk robot.
Mau ga mau harus kenal sama anak TE.
Padahal udah jelas di TE anak perempuannya ga banyak.
(Ini ngetik sambil netesin air mata, mengenang gmn terlontang-lantungnya perjuangan TA dulu)

Pas proposal, alhamdulillah terlewati karena masih dibantu sama pemilik TA awal. Setelah itu ternyata si pemilik TA awal bilang mau lanjut kuliah di luar pku.
Sedih...pasrah....mau marah...tapi ga bisa karena itu hak dia.


Berhari-hari bingung mau ngapain. Tanya2 sama teman kelas lain. Sampai minta tolong siapa yang bisa dibayar jasanya untuk buatkan program. Tetap ndak nemu.

Alhamdulillah setelah beberapa minggu berikutnya ada teman tif ngenalin ke anak te. Udah mulai ada titik terang. Mulai hari itu aktif terus ke kampus main ke lab te sambil liat apa yg dia kerjakan sama robot welly.

Satu minggu terlewati, tiba2 dia sms katanya ga bisa lagi lanjutin bantu TA welly karena udah diterima kerja di satu perusahaan ternama.
Rasanya.......seperti layangan yang udah berada di atas awan kemudian tali benangnya tiba2 putus.

Drop lagii.. 
Mungkin ini akibat sering nyakitin hati orang makanya.
Ga bisa makan, tidurpun ga nyenyak. 

Singkat cerita, beberapa minggu setelah itu ada teman te datang katanya mau bantuin. Wuaaahhh....senangnya sampai jingkrak-jingkrak.
Dia mau bantu sampai selesai.
Tapi di balik proses menuju itu masih ada juga naik turun perjuangannya. Kaya robot rusak motornyalah, programnya salah, mazenya ganti sampai 2 kali, sampai yang buat masih ingat di pikiran pas waktu pinjam ruangan buat seminarnya harus berkutat dulu sama ibu-ibu itu.

Singkat cerita, alhamdulillah selesai di smt 10.
[11/16, 07:16] ‪+60 11-3660 4736‬: Semangat berjuang teman-teman.
Kami do'akan dari sini, semoga Allah mudahkan dan lancarkan segala proses perjuangan menuju gelar S.T teman-teman.
Share this article :

Posting Komentar

 
DEVID | EKHA | HIDAYAT | 0821-6919-7410
Copyright © 2011. devid ekha hidayat

Template ini diedit oleh : DEVID EKHA HIDAYAT